KUMPULAN TUGAS

Jumat, 09 November 2012

TUGAS ILMU SOSIAL DSAR# ke 2



KELUARGA DAN FUNGSINYA DIDALAM KEHIDUPAN MANUSIA

                 Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga mempunyai 4 karakteristik yang memberi kejelasan tentang konsep keluarga sebagai berikut:
1.      Keluarga terdiri dari orang – orang yang bersatu karena ikatan perkawinan, darah atau adopsi.
2.      Para anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama – sama dalam satu rumah dan mereka membentuk suatu rumah tangga.
3.      Keluarga itu merupakan satu kesatuan orang – orang yang berinteraksi dan saling berkomunikasi.
4.      Keluarga itu mempertahankan suatu kebudayaan bersama – sama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.

                 Emile Durkheim mengemukakan tentang sosiologi keluarga dalam karyanya: ”Introduction a la sosiologi de la famile” bersumber dari karya ini mencul istilah: keluarga conjugal yaitu keluarga dalam perkawinan monogamy, terdiri dari ayah, ibu, dan anak – anaknya. Contoh: keluarga besar dalam lingkungan bangsa Indonesia antara lain terdapat pada keluarga suku batak. Keluarga suku batak terhimpun berdasarkan pada garis marga, misalnya marga harahap, nasution, simbolon, atau simanjuntak.  Koentjaraningrat membedakan 3 macam keluarga luas berdasarkan bentuknya:
1.      Keluarga luas utrolokal.
2.      Keluarga luas viriolokal.
3.      Keluarga luas uxorilokal.
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan – pekerjaan yang harus dilaksanakan didalam atau oleh keluarga itu. Macam – macam fungsi keluarga adalah sebagai berikut:
1.      Fungsi Biologis
2.      Fungsi Pemeliharaan
3.      Fungsi Ekonomi.
4.      Fungsi Keagamaan.
5.      Fungsi Sosial.

MASYARAKAT SUATU UNSUR DARI KEHIDUPAN MANUSIA

                 Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari – hari, ada masyarakat kota, masyarakat desa, masyarakat ilmiah, dan lain – lain. Peter L Berger seorang ahli sosiologi memberikan definisi masyarakat sebagai berikut: “masyarakat merupakan suatu keseluruhan komplkes hubungan manusia yang luas sifatnya”. Koentjaraningrat menyatakan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia atau kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Dalam perkembangan dan pertumbuhan masyarakat dapat digolongkan menjadi:
1.      Masyarakat sederhana.
2.      Masyarakat maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar