KUMPULAN TUGAS

Jumat, 09 November 2012

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR# ke 2



NAMA    : SITI KARINA.R
KELAS    : 1KA14
NPM        : 17112059
TUGAS   : ILMU SOSIAL DASAR#

C. Individu, Keluarga dan Masyarakat

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU
    
                 Individu berasar dari kata latin “individuum” artinya yang tidak terbagi, maka kata individu merupakan sebutan yang dapat digunakan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Istilah individu dalam kaitannya dengan pembicaraan mengenai keluarga dan masyarakat manusia, dapat pula diartikan sebagai manusia.
                 Dalam pandangan psikologi sosial, manusia itu disebut individu bila pola tingkah lakunya bersifat spesifik dirinya dan bukan lagi mengikuti pola tingkah laku umum. Ini berarti bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan – peranan yang khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

Pertumbuhan Individu

                  Perkembangan manusia yang wajar dan normal harus melalui proses pertumbuhan dan perkembangan lahir batin. Dalam arti bahwa individu atau pribadi manusia merupakan keseluruhan jiwa raga yang mempunyai ciri – ciri khas tersendiri. Menurut para ahli yang menganut aliran asosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi. Pada proses asosiasi yang primer adalah bagian – bagian. Bagian – bagian yang ada lebih dahulu, sedangkan keseluruhan ada pada kemudian.
                 Menurut aliran psikologi gestalt pertumbuhan adalah proses diferensiasi. Dalam proses diferensiasi yang pokok adalah keseluruhan sedang bagian – bagian hanya mempunyai arti sebagai bagian dari keseluruhan dalam hubungan fungsional dengan bagian – bagian yang lain. Konsep aliran sosiologi tentang pertumbuhan menganggap pertumbuhan itu adalah proses sosialisasi yaitu proses perubahan dari sifat mula – mula yang asosial atau juga sosial kemudian tahap demi tahap disosialisasikan.

Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan:
a.    Pendirian Nativistik
b.    Pendirian Empiristik
c.    Pendirian Konvergensi

Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi
1.      Masa vital yaitu usia 0.0 sampai kira – kira 2 tahun.
2.      Masa estetik dari umur kira – kira 2 tahun sampai kira – kira 7 tahun.
3.      Masa intelektual dari kira – kira 7 tahun sampai kira – kira 13 tahun atau 14 tahun.
4.      Masa sosial, kira – kira umur 13 atau 14 tahun sampai kira – kira 20 – 21 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar