KUMPULAN TUGAS

Jumat, 09 November 2012

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR# ke 2



D. Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda Indonesia

                 Pemuda adalah golongan manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di Indonesia dewasa ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatanm pendidikan. Pemuda dalam pengertian juga adalah manusia – manusia muda, akan tetapi di Indonesia ini sehubungan dengan adanya program generasi muda pengertian pemuda diperinci dan tersurat dengan pasti.
Sosialisasi Pemuda

                 Proses sosialisasi  banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Oleh karena itu proses sosialisasi melahirkan kedirian dan kepribadian seseorang. Kedirian (self) sebagai suatu prosuk sosialisasi, merupakan kesadaran terhadap diri sendiri dan memandang adanya pribadi orang lain diluar dirinya.

                 Thomas Ford Hoult, menyebutkan bahwa proses sosialisasi adalah proses belajar individu untuk bertingkah laku sesuai dengan standar yang terdapat dalam kebudayaan masyarakatnya. Menurut R.S. Lazarus, proses sosialisasi adalah proses akomodasi, dengan mana individu menghambat atau mengubah impuls – impuls sesuai dengan tekanan lingkungan, dan mengembangkan pola – pola nilai dan tingkah laku yang baru yang sesuai dengan kebudayaan masyarakat.

INTERNALISASI, BELAJAR DAN SPESIALISASI

                 Ketiga kata atau istilah tersebut pada dasarnya memiliki pengertian yang hampir sama. Istilah internalisasi lebih ditekankan pada norma – norma individu yang menginternalisasikan norma – norma tersebut. Istilah belajar ditekankan pada tingkah laku. Istilah spesilisasi ditekankan pada kekhusuan yang telah dimiliki oleh seorang individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar