KUMPULAN TUGAS

Jumat, 29 Maret 2013

Tugas Ilmu Sosial Budaya yang ke 1



A.Manusia dan Kebudayaan

Manusia
Manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia).Manusia merupakan kumpulan dari berbagai system fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahlukmamalia (biologi). Dalamilmu-ilmusosial, manusia merupakan mahluk yang inginmemperolehkeuntunganatuselalumemperhitungkansetiapkegiatan, seringdisebut homo economicus (ilmuekonomi).Manusiamerupakanmahluksosial yang tidakdapatberdirisendiri (sosiologi), mahluk yang selaluinginmempunyaikekuasaan.
Manusiaituterdiridariempatunsuryaitu :
Jasad; yaitubadankasarmanusia yang nampakpadaluarnya, dapatdiraba, dandifoto, danmenempatiruangdanwaktu.
Hayat; yaitumengandungunsurhidup, yang ditandaidengangerak
Ruh; yaitubimbingandanpimpinanTuhan, daya yang bekerjasecara spiritual danmemahamikebenaran, suatukemampuanmencipta yang bersifatkonseptual yang menjadipusatlahirnyakebudayaan.
Nafs; dalampengertiandiriataukeakuan, yaitukesadarantentangdirisendiri
Manusiasebagaisatukepribadian yang mengandung 3 unsuryaitu :
Id.  Yang merupakanstrukturkepribadian yang paling primitive dan paling tidaknampak. Id merupakan libido murni, atauenergipsikis yang menunjukkancirialami yang irrasionaldanterkaitmasalah sex, yang secarainstingtualmenentukan proses-proses ketidaksadaran. Id tidakberhubungandenganlingkunganluardiri, tetapiterkaitdenganstruktur lain kepribadian yang padagilirannyamenjadi mediator antarainsting Id dengandunialuar.
Ego. Merupakanbagianataustrukturkepribadian yang pertama kali dibedakandari Id, seringkalidisebutsebagaikepribadian “eksekutif” karenaperanannyadalammenghubungkanenergi Id kedalamsaluransosial yang dapatdimengertioleh orang lain.
Superego. Merupakanstrukturkepribadian yang paling akhir, munculkira-kirapadausia lima tahun. Dibandingkandengan Id dan ego, yang berkembangsecara internal dalamdiriindividu, superego terbentukdarilingkunganeksternal. Jadisuperego  menunjukkanpolaaturan yang dalamderajattertentumenghasilkan control dirimelaluisistemimbalandanhukuman yang terinternalisasi.
HakekatManusia :
MahlukciptaanTuhan yang terdiridaritubuhdanjiwasebagaisatukesatuan yang utuh
MahlukciptaanTuhan yang paling sempurna, jikadibandingkandenanmahluklainnya
mahlukbiokulturalyaitumahlukhayati yang budayawi
MahlukCiptaanTuhan yang terkaitdenganlingkungan, mempunyaikualitasdanmartabatkarenakemampuanbekerjadanberkarya



PengertianKebudayaan
Pengertiankebudayaanbanyaksekalidikemukakanolehparaahli. Salah satunyadikemukakanolehSeloSoemardjandanSoelaimanSoemardi, yang merumuskanbahwakebudayaanadalahsemuahasildarikarya, rasa danciptamasyarakat. Karyamasyarakatmenghasilkanteknologidankebudayaankebendaan, yang diperlukanmanusiauntukmenguasaalamsekitarnya, agar kekuatansertahasilnyadapatdiabdikanuntukkepentinganmasyarakat.
Dari pengetiantersebutmenunjukkanbahwakebudayaanitumerupakankeseluruhandaripengetahuanmanusiasebagaimahluksosial, yang digunakanuntukmenginterpretasikandanmemahamilingkungan yang dihadapi, untukmemenuhisegalakebutuhannyasertamendorongterwujudnyakelakuanmanusiaitusendiri.Atasdasaritulahparaahlimengemukakanadanyaunsurkebudayaan yang umumnyadiperincimenjadi 7 unsuryaitu :
unsurreligi
sistemkemasyarakatan
sistemperalatan
sistemmatapencaharianhidup
sistembahasa
sistempengetahuan
seni
Bertitikdarisisteminilahmakakebudayaan paling sedikitmemiliki 3 wujudantaralain :
Wujudsebagaisuatukompleksdari ide, gagasan, norma, peraturandansejenisnya. Inimerupakanwujud ideal kebudayaan. Sifatnyaabstrak, lokasinyaadadalampikiranmasyarakatdimanakebudayaanituhidup
Kebudayaansebagaisuatukompleksaktivitaskelakuanberpoladarimanusiadalammasyarakat
Kebudayaansebagaibendahasilkaryamanusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar